penulisan CV (Curriculum Vitae)
PENULISAN RESUME
Resume
merupakan salah satu prasyarat yang
sangat penting pada saat memasuki dunia kerja.lalu bagaimana cara pembuatan
resume.Berukut adalah langkah –langka penulisan resume:
A.
Persiapan
Menulis Resume
Dalam dunia bisnis istilah resume sering disebut
dengan CV (Curriculum Vitae) atau daftra riwat hidup.Menurut KC bay,suatu
resume sebenarnya merupakan presentasi penjualan formal diri anda yang sangat penting.
Secara umum resume adalah suatu daftar dokumen yang
berisi kualifikasi dan jalur karier anda
yang disusun secara teratur,rapi ,dan menarik perhatian pembaca.Melalui resume
ini ,diharapkan pemimpin suatu organisasi /perusahaan sudah dapat mengetahui
kemampuan anda.Oleh karen itu resume atau CV harus dibuat semenarik mungkin.
Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan
resume,adalah:
1.
Mencari
informasi penting.
Langkah awal yang perlu
dilakukan sebelum penulisan resume
adalah mencari berbagai informasi penting yang relevan dengan jenis
pekerjaanyang anda inginkan.Hal itu dapat dilakukan dengan cara :
a.
Analisis Diri
Dengan analisis ini
kita akan dapat mengetahui diri kita sendirisecara lebih mendalam.Untuk
mempermudah menemukan siapa diri kita sebenarnya ,dapat dilakukan dengan
menjawab berbagai pertanyaan sebagai berikut,seperti:
1.
Apakah saya mempunyai aspirasi yang cukup tinggi?
2.
Apakah saya
dapat berkomunikasi dengan baik?
3.
Apakah saya
orang yang sangat bergantung kepada orang lain?
4.
Apakah saya
orang yang energik?
5.
Apakah saya
orang yang mempunyai rasa percya diri?
6.
Apakah saya
mempunyai kecerdasan kuantitatif yang cukup tinggi?
7.
Apakah saya
mempunyai kecerdasan verbal yang tinggi?
8.
Apakah saya
mempunyai kecerdasan yang tinggi dalam pemecahan suatu masalah?
9.
Berapa indeks
prestasi saya secara keseluruhan?
10. Apa mata kuliah yang paling baik bagi saya?
11. Apa mata kuliah yang paling sulit bagi saya?
12. Apa kegiatan organisasi yang saya minati?
b.
Analisi Karier
Sebagaimana dalam
melakukan analisis diri,kita perlu juga dalam membuat dan menjawab pertanyaan
yang berkaitan dengan karier di masa depan ,seperti:
1.
kecerdasan
(kuantitatif,verbal,mekanik)yang paling bermanfaat bagi karier saya?
2.
Apakah ada efek
samping yang membahayakan kesehatan?
3.
Apakah prestasi
akademik menjadi syarat bagi perjenjang karier?
4.
Apakah
pengalaman kerja menjadi syarat bagi perjenjangan karier?
5.
Apakah ada
imbalan selain yang berbentuk financial?
6.
Apakah bidang
pekerjaan sangat dipengaruhioleh perkembangan technology?
7.
Apakah dimasa
mendatang bidang yang saya pilih mempunyai tingkat persaingan yangtinggi?
c.
Analisis Pekerjaan
Secara umum lulusan
perguruan tinggi belum memiliki pengalaman kerja.Pada tahap awal memasuki dunia
kerja ,perusahaan telah menyediakan suatu program orientasi atau pelatihan kepada mereka yang bar diterima sebagai
pegawai suatu perusahaan .Oleh karena itu ,sebelum menyusun suatu resume ,anda
perlu menjawab pertanyaan sebagai berikut:
1.
Apa tugas dan
tanggung jawab pekerjaan?
2.
Apakah
karakteristik pribadi saya sesuai untuk tugas dan tanggung jawab pekerjaan?
3.
Apakah latar
belakang pendidikan saya sesuai dengan persyaratan untuk posisi suatu
pekerjaan?
4.
Apakah
pengalaman saya sesuai dengan persyaratan untuk posisi pekerjaan?
2.
Perencanaan
Resume
Tujuan
kita membuat resume adalah agar kita dapat melakukan wawancara dengan tim dari
organisasi(perusahaan ) yang anda lamar.Resume atau CV yang anda buat merupakan
rincian atau pelengkap terhadap surat lamaran pekerjaan yang telah anda buat.
Ada 3 hal penting yang perlu di perhatikan
dalam merencanakan sebuah resume,yaitu:
a.
Tujuan karier.
Apabila anda memperhatikan iklan
lowoongan kerja di suat surat kabar,akan tampak secara jelas beberapa posisi
pekerjaan yang dibutuhkan.Andda harus memutuskan posisi apa yang anda minati
,misalnya manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran, dll.
b.
Informasi
Pribadi
Data pribadi yang tercantum
dalam resume adalah nama,tempat dan tanggal lahir,alamat rumah ,dan jenis
kelamin.Anda mungkin dapat menambahkan data lain yang berkaitan erat dengan
jenis pekerjaan yang di pilih.beberapa golongan kerja mensyaratkan bahwa calon
pegawainya belum menikah,memiliki kendaraan
sendiri.dll.
c.
Referensi
Beberapa referensi
perlu dilampirkan dalam mebuat resume.Referensi adalah orang –orang yang akan
memberikan rekomendasi tersebuasi kepada anda, yang berisi tentang berbagai hal
yang mereka ketahui semasa mereka mengenal anda.Orang –orang yang memberi
referensi akan menambah kredibilitas pencari kerja.Oleh karena itu orang –orang
yang memberi referensi tersebut perlu mencantumkan nama,alamat,nomor
telepon, atau faksimile.Namun satu hal yang harus diketahui bahwa orang tua
,saudara kandung,dan teman dekat tidak dapat di jadikan sebagai referensi.
3.
Pembuatan Resume
Resume dapat dibuat
dalam berbagai bentuk,Resume yang baik
menempatkan pada kompatibilitas kualifikasi anda dan prospektif persyaratan kerja.Secara umum resume mencangkup
;nama,alamat lengkap,tujuan kerja,kualifikasi,informasi pribadi dan referensi.
Pada bagian tujuan
kerja,kita harus menyatakan secara jelas apa tujuan kita membuat resume
tersebut.sebagai contoh ;anda ingin mengisi lowongan kerja manajer
pemasaran,manajer keuangan,teknisi,supervisor ,dan lain-lain.
Kemudian informasi
pribadi, pada bagian itu yang dicantumkan adalah ;pendidikan yang paling
tinggi,kemudian yang lebih rendah,plus tahun mulai dan tamatnya.Kemudian juga
melampirkan keterampilan bahasa asing yang dimiliki,computer ,design
,dll.Usahakan informasi tersebut relevan dengan jenis pekerjaan yang anda
harapkan.
B.
Rencana
Pengorganisasian
Berdasarkan cara pengorganisasiannya ,resume
dapat di kelompokan menjadi 3
jenis,yaitu sebagai berikut:
a.
Resume
Kronologis
Resume kronologis
adalah cara pengorganisasian resume yang didasarkan pada
kronologisnya.,yaitu pendidikan dan
pengalaman sebagai judul isinya.Mana yang harus di dahulukan pendidikan atau
pengalaman,putuskan hal manakah yang lebih memberikan kesan positif bagi
pencari kerja.Informasi terkini sebaiknya ditempatkan pada urutan
pertama.Misalnya juga dengan resume tradisional.
b.Resume Fungsional
Resume yang disusun
atas dasar fungsi –fungsi dalam organisasi yang dapat dilakukan dengan
baik.Resume fungsional suatu analisis
diri,karier ,dan pekerjaan yang lebih lengkap.Beberapa fungsi penting dalam
suatu organisasi seperti:pemasaran,komunikasi keuangan ,akutansi ,dan hubungan
masyarakat dapat dijadikan sebagai judul tersendiri dalam pembuatan resume.
b.
Resume Kombinasi
Resume kombinasi adalah kombinasi antara resume
kronologis dengan resume fungsional.Bntuk resume kombinasi ini ,memberikan
suatu keyakinan bahwa persyaratan
pendidikan dan pengalaman terpenuhi dan masih menggunakan judul –judul lain
yang lebih menekankan pada kualifikasi
yang dibutuhkan.
Untuk membuat resume
yang baik ,perlu diperhatikan 4 hal yaitu:kerapian
(neatness),sederhana(simplicity),akurat(accurancy),kejujuran(honesty).dalam
membuat CV usahakan menggunakan kertas yang baik ,bersih dan tidak ada
coret-coretannya.
Dalam bagian pembuka resume ,dapat menggunakan
berbagai mavcam judul,seperti resme,daftar riwayat hidup, ikhtisar riwayat
hidup,ataupun ,menulisnya dengan nama sendiri dan disertai alamat lengkap ,
maupun tujuan resume.
Tujuan resume
ada
2, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
Tujuan umum:
1.
Memasuki/mengisi
posisi pada level penjualan,pemasaran,keuangan ,produksi ,dsb.
2.
Mengisi lowongan
kerja untuk posisi staff akuntan
3.
Resepsionist
Tujuan khusus
1.
Mengisi posisi
staff penjualan untuk membantu organisasi manajemen bisnis ritel
2.
Mengisi posisi
staff akuntan di kantor akuntan public ,selanjutnya memasuki posisi supervisor.
3.
Resepsionist di
perusahaan hotel Mitra Nusantara.
Kualifikasi dasar dapat dinyatakan baik sebelum atau sesudah tujuan pekerjaan. Kualifikasi
penting yang dapat anda tawarkan untuk suatu pekerjaan tertentu mencakup pendidikan dan pengalaman
kerja.
1.
Enam tahun
menangani pengembangan sumber daya manuasia pada perusahaan terkemuka(sebutkan
nama perusahaan),dikota besar(sebutkan) dengan pendidikan tertinggi,fakultas ,jurusan
,dan program study apa.Integritas
tinggi dan dapat bekerja sama dengan
orang lain.
2.
Asosiasi dalam
bisnis ,jurusan /konsentrasi pada masalah transportasi ;selama 4.5 tahun
berpengalaman dibagian cargo dan departemen pengiriman.
3.
Tingkat sarjana
muda jurusan /konsentrasi manajemen personalia , dengan penekanan pada
psikologi ,sosiologi ,dan bisnis.atau selama 4 tahun bekerja lepas (part time )
dengan orang lain.
4.
Cantumkan
penghargaan ,beasiswa,ata prestasi baik yang anda peroleh dan relevan dengan jenis
pekerjaan yang anda lamar.
Kemudian selanjutnya data pribadi.dapat mencangkup
nama lengkap,tempat dan tanggal lahir,berbagai keterampilan atau
skill,kesehatan,tinggi badan,hobbi dan jenis SIM yang dimiliki.
Dan mengenai penambahan referensi, pilihlah 3
orang yang memiliki reputasi yang
memiliki reputasi yang baik.Orang yang dikenal baik dan memiliki prestasi dalam
organiasi atau perusahaan tersebut.Selain orang ddi dalam perusahaan referensi
juga bisa anda dapatkan dari kampus,
seperti surat rekomendasi dari staff pengajar atau dosen di fakultas anda.Dan
jangan lupa untuk mencantumkan nama,alamat nomor telepon, atau email orang yang memberikan referensi terhadap anda.
C.
Masalah dalam
Membuat Resume
Saat menulis sebuah
resume kita harus berpikir sesuai dengan pola piker orang yang akan membaca CV
tersebut(perusahaan tempat anda melamar kerja).
Berikut di tampilkan beberapa masalah yang di temui
dalam pembuatan resume:
1.
Resume yang
dibuat terlalu panjang,sehingga berkesan tidak tegas ,dan kemungkinan besar
memasukan data yang tidak relevan sehingga tidak akan bisa mencapai sasaran.
2.
Resume yang di
tulis terlalu singkat,sehingga tidak memberikan informasi/data yang cukup bagi
pembaca untuk melakukan penelaahan yang lebih dalam.
3.
Format penulisan
resume kurang baik,inden tidak konsisten,kurang hatikan tanda baca ,dan
sejenisnya.
4.
Terlalu banyak
menggunakan kalimat yang bersifat kompleks .
5.
Resume banyak
mengalami kesalahan ketik /tulis ,dan yang lebih fatal lagi kesalahan dalam
penyusunan kalimat,
6.
Pelamar tidak
dapat menunjukan secara tegas dalam resume tujuan pekerjaan yang di
kehendaki,posisi,dan bidang pekerjaan yang diminati.
7.
Pelamar
menampakan keyakinan yang berlebihan (overconfidence),sehingga mungkin pembaca
merasa ragu-ragu terhadap resume yang dibuat.
8.
Ada pelamar yang
tidak jujur saat mencantumkan data dalam resume.
Oleh karena itu ,didalam pembuatan sebuah resume
membutuhkan konsentrasi dan kehati- hatian yang tinggi.berusahalah meyakinkan
perusahaan ,namun dengan memberikan data yang jujur , dan tidak overconfidence.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar